Jumat, 09 Januari 2015

CARA MENGATASI ERROR Genap / -NaN DAPODIKDAS v 3.0.2

What Dapodik v 302 error Genap / -NaN ... !!!
Harrooooohhh apakah Agan-agan pernah atau sedang mengalami error Semester Genap / -NaN seperti ini?


Beberapa jam yang lalu saya mengalami hal seperti ini. Sumpah jengkel banget gan, masalahnya sebelum terjadi error semester Genap / -NaN seperti ini, saya sedang melakukan perbaikan data siswa yang lumayan sudah hampir selesai. Duuh kebayang kan kalau harus mengulangi semuanya dari awal. Sebenarnya error Genap / -NaN ini bukan hal pertama di dunia Dapodik. Di versi-versi sebelumnya pun buanyak operator yang pernah mengalami hal tersebut. Penyebabnya pun bermacam-macam. Salah satunya seperti yang terjadi di aplikasi Dapodikdas v 3.0.2 seperti yang saya alami. Nah berikut ini adalah dua cara yang pernah saya lakukan untuk mengatasi permasalahan tadi. Cekidooot....!

A. Cara Pertama
Langsung aja saya lakukan jurus pertama untuk mengatasinya, yaitu merenungi apa yang menyebabkan semua ini tbisa terjadi. Hmmmm... di kala diri ini tengah termangu, tiba-tiba terdengar ada sebuah bisikkan di telinga. tepatnya seperti ini
"Hei anak muda, coba ente cek lokal service dapodiknya kalo dapodik ente pengen oke lagi huuahahaha....huaaahaha.... huahaha... hattchiiiissss...!!!"

"Haaah ! ternyata itu suara si jin penunggu Dapodik". cepat-cepat saya tengok local service dapodik saya. dan, "What !!!!.... te..te..ternyata.....


Ternyata status DapodikdasDB nya belum berjalan alias masih dalam kondisi STOP. Alhamdulillah akhirnya penyakitnya sudah ketemu... Maka langsung saja saya Start-kan DapodidasDB nya... dan akhirnya .... TARAAAAAAAAAAAAAAAAA....!!!!!


Horreeeeeee..... Alhamdulillah ya Allah engkau telah memberi hamba pertolongan. Nah ternyata salah satu penyebab error Genap / -NaN ini adalah berada pada local service dapodiknya yang berada pada kondisi STOP.

B. Cara Kedua

Tapi ngemeng-ngemeng, bila cara tersebut masih belum tokcer, bisa dengan cara kedua yaitu dengan meng-Copy Paste-kan beberapa file system dari Dapodik yang tidak error. File-file tersebut bernama:
  1. pg_hba.conf
  2. pg_ident.conf
  3. PG_VERSION
  4. postgresql.conf
  5. postmaster.opts
  6. postmaster.pid
Tempatkan ke enam file tersebut dalam folder database dapodik pada laptop anda. caranya.
  1. Stop dulu DapodikdasDB dab DapodikdasWebSrv nya melalui local service
  2. Dowload file-file tersebut untuk di sini
  3. Ekstrak filenya lalu copy ke-enam filenya
  4. Buka Local Disk (C:) > Program Files > Dapodikdas > database
  5. Paste dan timpa kan file tersebut ke dalam folder database
  6. Kemudian Start kembali DapodikdasDB dab DapodikdasWebSrv nya
Nah kurang lebih seperti itulah gan. Selain dengan kedua cara di atas mungkin masih ada cara-cara yang lain juga, Entahlah. Semoga ini bermanfaat.

*** SALAM ***
Comments

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com